Egrang, Permainan Tradisional yang Sudah Hampir Punah

Egrang, permainan tradisional yang sudah hampir punah. Tahukah kamu, di era 90an, setiap memperingati hari kemerdekaan Indonesia, permainan ini sering sekali diperlombakan. Egrang, atau biasa disebut juga dengan Engrang adalah permainan yang tergolong rumit. Hanya segentir orang yang mampu memainkannya. Dapat dipastikan orang tersebut adalah orang yang tangkas dan ulet, juga pemberani.

Permainan tradisional ini menggunakan dua bambu panjang yang masing-masing terdapat pijakan beberapa sentimeter di atas ujung bambu bagian bawah. Permainan ini dilakukan dengan menaiki kedua bambu yang dipasangkan di kaki kiri dan kanan. Ketika sudah berhasil menaiki kedua bambu, pemain akan berjalan cepat untuk segera mencapai garis finish jika sedang dalam perlombaan. Pemain yang jatuh sebelum garis finish dilalui, maka ia dinyatakan kalah. Denan majunya teknologi saat ini dan semakin modern cobba kenali permainan Judi Bola. Game online terbaik yang bisa Anda mainkan dengan menggunakan Android ataupun pc saat ini.

Egrang, Permainan Tradisional yang Sudah Hampir Punah

Permainan ini biasanya memang bisa dilihat ketika perayaan 17 agustus saja. Jarang sekali warga memiliki Egrang sendiri. Saat ini, permainan Egrang mungkin sudah tidak dimainkan lagi di setiap daerah di Indonesia. Tidak bisa dipastikan mengapa permainan ini menjadi begitu langka. Apakah mungkin karena anak zaman sekarang tidak mau bersusah payah mempelajari permainan ini dan lebih asyik bermain gadget, atau ada alasan lain yang harus didalami lagi.

Bermain Egrang sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan juga hubungan sosial dengan orang lain. Permainan tradisional ini memang lebih seru dimainkan oleh dua orang atau lebih. Semakin banyak pemain, bermain Egrang akan semakin seru. Apalagi jika banyak orang yang menonton, pasti akan semakin rame dan asyik dengan teriakan penonton yang menyemangati peserta yang diunggulkan mereka.

Egrang mampu melatih rasa disiplin diri karena jika ingin ahli dalam bermain Egrang, kamu harus banyak berlatih. Butuh waktu memang, tetapi ada kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri jika berhasil memainkannya. Apalagi jika sampai memenangkan perlombaan. Wah, benar-benar keren.

Semoga di desa-desa bahkan di perkotaan, kamu bisa menemukan permainan Egrang ini. Dengan melihat orang bermain Egrang saja, kamu pasti akan senang, apalagi sampai ikut dan bisa memainkannya. Semoga permainan tradisional ini kembali digalakkan masyarakat lagi, ya. Anak-anak jadi terhindar dari kecanduan gadget dan aktivitas negatif lainnya.