Apa yang Anda Lakukan untuk cara mengatasi mual?

Mual adalah sesuatu yang tidak asing bagi kebanyakan orang. Itu tidak pernah menyenangkan dan dapat timbul dalam berbagai situasi, termasuk kehamilan dan perjalanan.Obat anti mual biasanya digunakan untuk meringankannya. Sayangnya, obat-obatan tersebut dapat memiliki efek samping negatif sendiri, termasuk mengantuk. Mual adalah perasaan mengerikan dan mual yang Anda dapatkan di perut Anda yang membuat Anda merasa seperti akan muntah. Mungkin dipicu oleh virus, kondisi pencernaan, kehamilan, atau bahkan bau yang tidak sedap.

Image result for nausea

Apa yang bisa dilakukan untuk mengendalikan atau meredakan mual dan muntah?

Ada beberapa cara untuk mengendalikan atau meredakan mual; Namun, jika teknik-teknik ini tampaknya tidak meredakan mual, bicarakan dengan dokter Anda.

Saat mencoba mengendalikan mual:

  • Minum minuman yang jernih atau sedingin es.
  • Makanlah makanan ringan dan lunak (seperti biskuit asin atau roti tawar).
  • Hindari makanan yang digoreng, berminyak, atau manis.
  • Makanlah dengan lambat dan makanlah dalam porsi kecil, lebih sering.
  • Jangan mencampur makanan panas dan dingin.
  • Minumlah minuman secara perlahan.
  • Hindari aktivitas setelah makan.
  • Hindari menyikat gigi setelah makan.

Pilih makanan dari semua kelompok makanan karena Anda bisa mentolerir mereka untuk mendapatkan nutrisi yang cukup.

Perawatan untuk muntah (tanpa memandang usia atau penyebab) termasuk:

  • Minum secara bertahap jumlah cairan bening yang lebih besar
  • Menghindari makanan padat sampai episode muntah berlalu
  • Beristirahat
  • Hentikan sementara semua obat oral, yang dapat mengiritasi lambung dan membuat muntah menjadi lebih buruk

Jika muntah dan diare bertahan lebih dari 24 jam, larutan rehidrasi oral harus digunakan untuk mencegah dan mengobati dehidrasi.

Muntah yang berhubungan dengan pembedahan, terapi radiasi, obat antikanker, alkohol dan morfin sering dapat diobati dengan jenis terapi obat lain. Ada juga obat resep dan nonresep yang dapat digunakan untuk mengontrol muntah yang berhubungan dengan kehamilan, mabuk perjalanan dan vertigo. Namun, Anda harus berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum menggunakan perawatan ini.

Bagaimana Anda bisa mencegah mual?

  • Mual dapat dicegah dengan:
  • Makan makanan kecil sepanjang hari, bukan tiga kali makan besar
  • Makan perlahan
  • Menghindari makanan yang sulit dicerna
  • Mengkonsumsi makanan yang dingin atau pada suhu kamar untuk menghindari mual dari bau makanan panas atau hangat
  • Beristirahat setelah makan dan menjaga agar kepala Anda terangkat sekitar 12 inci di atas kaki Anda membantu mengurangi mual.

Jika Anda merasa mual saat bangun di pagi hari, makan beberapa biskuit sebelum bangun tidur atau makan makanan ringan berprotein tinggi (daging tanpa lemak atau keju) sebelum tidur. Minumlah cairan di antara (alih-alih selama) makan, dan minum setidaknya enam hingga delapan gelas air 8 ons sehari untuk mencegah dehidrasi. Cobalah makan ketika Anda merasa kurang mual.

Setelah Anda merasa mual, bagaimana Anda mencegah muntah?

Muntah dapat dicegah dengan mengonsumsi sejumlah kecil cairan bening dan manis seperti soda pop, jus buah (kecuali jeruk dan jeruk bali karena terlalu asam) dan es loli. Minuman yang mengandung gula menenangkan perut lebih baik daripada cairan lain. Beristirahat baik dalam posisi duduk atau dalam posisi berbaring yang disangga. Aktivitas dapat memperburuk mual dan dapat menyebabkan muntah. 

Pada anak-anak, kendalikan batuk dan demam terus-menerus dengan obat-obatan bebas. Untuk mengobati mabuk kendaraan di dalam mobil, tempatkan anak Anda sehingga ia menghadap kaca depan (melihat gerakan cepat keluar jendela samping dapat membuat mualnya semakin parah). Batasi camilan, dan jangan sajikan camilan manis dengan soda pop biasa. Jangan biarkan anak-anak Anda makan dan bermain pada saat yang sama. Dorong mereka untuk beristirahat selama waktu camilan mereka.

Duduk dan hindari mengunyah perut

Jika ibumu pernah memberitahumu untuk tidak berbaring setelah makan, dia akan melakukan sesuatu. Ketika Anda berbaring rata, cairan lambung dapat naik dan meningkatkan perasaan mual dan ketidaknyamanan secara keseluruhan, terutama jika Anda mengalami refluks asam atau GERD. Mengunyah perut Anda juga dapat memperburuk mual karena memampatkan area dan membuat Anda kurang nyaman secara umum. Saat Anda mual, cobalah berbaring dengan tubuh bagian atas terangkat, dan bergerak sesedikit mungkin.

Buka jendela atau duduk di depan kipas

Ada alasan mengapa Anda melihat orang yang mabuk dengan kepala mereka praktis menggantung di luar jendela mobil. Udara segar mengurangi gejala mual pada banyak orang, meskipun tidak jelas mengapa. Mungkin menghilangkan bau memuakkan, atau hanya membantu Anda fokus pada sesuatu selain mual.Cobalah duduk di depan kipas atau jendela pada tanda mual pertama, terutama jika Anda kepanasan.